Sunday, November 30, 2008

Artikel Kesehatan: Sari Apel Sehat dan Bergizi

Sari Apel Sehat dan Bergizi
kiriman: Ny. Bondan Prawiro, Seremban, Malaysia

Buah apel mengandung vitamin C yang merupakan resep anti oksidan yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Seiring perkembangan dunia kuliner kini, kita bisa temukan apel dalam produk yang sangat beragam mulai dari bentuk padat hingga cair.

Sari apel dan cuka apel merupakan resep hasil olahan apel dalam bentuk cair. Sari apel merupakan hasil ekstrak dari apel yang diendapkan, sedangkan cuka apel adalah sari apel yang difermentasikan. Secara teori, untuk mengekstrak apel yang baik menggunakan juicer agar hasil sari apelnya bisa lebih banyak (cara kerja alat yang maksimal karena memisahkan ampas dan sarinya). "Alternatif"-nya bisa menggunakan blender, hanya saja untuik mempermudah proses menghaluskannya harus menambahkan air, setelah halus baru dilakukan proses penyaringan untuk memisahkan sari dan ampasnya. Kenyataan di lapangan yang banyak dilakukan dunia industri, untuk mendapatkan estrak / sari apel bukan dengan juicer ataupun blender tetapi dengan cara merebus buah apel.

Pembuatan cuka apel pada dasarnya dibuat dari senyawa-senyawa yang terkandung di dalam buah apel kemudian difermentasi oleh mikroba. Beberapa jenis mikroba yang bisa merubah sari apel menajadi cuka apel adalah sacchaaromyces cerevisiae dan zymomonas mobilis.

Karekteristik apel yang berubah menjadi cokelat jika terkena udara (oksidasi) seriing menjadi kendala selama proses pembuatan sari apel dan cuka apel. Untuk meminimalkan warna cokelat yang timbul pada pembuatan sari apel biasanya ditambahkan asam pada resep proses pengendapan. Sedang untuk cuka apel proses fermentasi akan membuat warna cokelat menjadi lebih jernih.

Setelah produk jadi, agar cuka apel dan sari apel tahan lama sebaiknya simpan dalam fegrigerator, bukan tempat yang lembab dan terkena matahari langsung. Semua jenis apel bisa digunakan untuk membuat resep sari apel maupun resep cuka apel. Namun jenis apel yang dianjurkan untuk pembuatan sari apel dan cuka apel adalah manalag, rome beauty dan anna. ***

-----------------------------------------------
source: Tabloid Koki

No comments: