Sunday, November 30, 2008

PENNYLANE BROWNIES




Sumber: Riana Ambarsari

Untuk: 2 loyang 10 x 30 cm

Bahan:
4 butir telur
2 cup gula pasir (untuk yg gak suka manis, biasanya aku kurangin jadi 1 1/2 atau 1 3/4)
1 cup minyak goreng (pake minyak tidak jenuh supaya sehat. i.e. minyak canola, minyak kedelai, etc. Tapi pake minyak goreng biasa juga gpp kok)
3/4 cup bubuk coklat
1 1/2 cup tepung terigu
1 sdt garam
2 sdt vanili
cincangan kacang tanah sangrai / panggang

Cara membuat:
-Telur dikocok sampai mengembang.
-Masukkan gula sambil dikocok terus. Masukkan bahan-bahan lainnya, aduk perlahan-lahan sampai tercampur.
-Olesi loyang dengan mentega, panaskan oven 180 derajat celcius.
-Tuang adonan ke loyang, panggang +/- 35 menit. Test dengan tusuk igi/lidi yang bersih.
-Dinginkan sebelum dikeluarkan dari loyang dan dipotong-potong.

Tips:
- Tambahin coklat chips kurang lebih 1/2 cup untuk yang suka dalemnya moist dan pekat. Kalo ditambahin coklat chips, loyang sebaiknya di alasi kertas kue supaya coklat chipsnya gak nempel dan hangus diloyang.
- variasi-in juga sama marshmallow, oreo, atau coklat snickers.
- Terus atasnya siram pake coklat cair dalam keadaan kue masih agak hangat (kan biasanya orang justru nunggu sampe kue dingin), tipis-tipis aja. Ini bikin kelembaban brownies bertahan lama.
- Kalo pake Oreo, Oreonya disusun di tengah adonan. Tuang setengah adonan, susun oreo mendatar biasa, tutup dengan sisa adonan, panggang. Nanti kalo dipotong, tengahnya ada lapisan krin oreo. Tapiiiiiii, ini jadinya rada keras bronisnya. Ada pembeli yang suka, ada yang nggak.
- Terus kalo pake Snickers, Snickernya diremukin, terus ditabur di atas adonan di loyang. Panggang. Yang ini jatohnya, mahalllllll… hehehe…
- Yang paling asik pake marshmallow (pilih yang putih, agak besar, dan gak terlalu manis. Jangan yang warna-warni, biasanya dia cenderung lebih manis). Setelah bronis mateng, taburin marshmallownya di atas kue, masukin lagi ke oven pake api atas aja, sampe marshmallow meleleh dan agak kecoklatan.
Keluarin, kucurin dengan coklat cair.

Catatanku:
Kocokan telur dan gula menentukan ‘kebantatan’ Brownies ini. Semakin lama mengocok telur dan gula semakin ’spongy’ browniesnya. Terserah selera masing-masing saja. Karena keluarga kami lebih suka yang bantat dengan cincangan kacang tanah goreng yang banyak, dan coklat chips yang banyak, maka cara membuatnya menjadi:
- Panaskan oven dan alasi loyang dengan kertas roti.
- Kocok lepas telur.
- Masukkan sisa bahan lain. Lalu aduk dengan spatula hingga rata.
- Tuang ke dalam cetakan, panggang seperti biasa.

No comments: