Sunday, November 30, 2008

Artikel: Tips Membuat Donat Empuk dan Enak




Tips Membuat Donat Empuk dan Enak
kiriman: Bu Husna, Malang

Anda dan keluarga suka menikmati kue donat? Daripada selalu membeli, tak ada salahnya kan untuk mencobanya sendiri. Kalau sudah begini tentu Anda ingin mendapatkan tips membuat donat yang empuk dan enak, bukan?

Donat atau dalam bahasan inggirsnya disebut donut, salah satu kue yang namanya cukup populer dan bisa jadi sebagai favorit masyarakat dunia. Kemunculannya sejak pertama kali, donat memiliki penampilan bentuk yang sangat khas dengan lubang di tengah layaknya seperti cincin. Namun sesekali ada juga yang berbentuk bulat lau diisi dengan resep di dalamnya.

Donat memiliki sejarah yang cukup panjang, para arkeolog Amerika menemukan beberapa peninggalan yang menggambarkan adanya jenis makanan berbentuk seperti donat pada zaman pra sejarah. Namun diduga keras bahwa donat berasal dari negara Belanda, tepatnya dari daerah Manhatten dan disana donat dinamakan "olykoeks" atau kue yang digoreng.

Hingga kini kemunculan donat masih menjadi sajian resep kue favorit yang praktis untuk disantap. Bahkan di Amerika sendiri, mungkin saat ini ada lebih 10 juta donat diproduksi setiap tahunnya. Tak mau kalah, di Indonesia resep kue donat yang diadaptasi dari resep kuliner Barat ini kepopulerannya bisa disejajarkan dengan resep kue-kue tradisional Indonesia seperti resep jajanan pasar. Buktinya untuk mendapatkan kue donat tidaklah sulit, baik di pasar tradisional maupun di berbagai bakery shop modern.

Di tengah masyarakat yang modern, kini penampilan donat tidak selalu berbentuk bulat dengan lubang di tengah, bahkan bentuknya makin unik dan bervariasi, sehingga makin menggoda untuk disantap. Anda penasaran ingin membuat kue donat sendiri dengan citarasa lezat, aroma yang harum dan sungguh terasa empuk saat digigit? Yuk simak tips singkat berikut ini:

Kenali Bahan Resepnya:
1. Tepung
Bahan resep utama untuk membuat donat adalah resep tepung terigu dengan kandungan proteinnya sedang. Saat pengulenan, protein akan berubah majadi gluten yang kemudian akan memberi kerangka / tekstur yang bagus. Kadang, resep tepung yang digunakan dalam membuat donat dicampurkan dengan resep tepung protein rendah untuk memperoleh terkstur yang lebih lembut.

2. Gula
Pilihlah gula yang mudah larut dalam air. Gula halus bisa juga digunakan. Gula bukan saja sebagai resep bahan untuk memaniskan, tetapi juga menentukan keempukan dan mempertahankan daya simpan kue donat. Sekalipun donat yang ingin Anda buat berasa asin, jangan tinggalkan gula. Mengapa? Gula juga berfungsi mengaktifkan ragi.

3. Telur
Tidak bisa dipungkiri pemakaian resep telur membuat resep donat makin enak. Banyak orang lebih suka menggunakan bagian kuning telur ketimbang putihnya. Dengan tujuan melembutkan dan memberikan warna kuning yang lebih menarik.

4. Pengembang
Ragi adalah resep bahan pengembang yang paling populer. Yang paling banyak digunakan saat ini adalah ragi instan, karena jauh lebih mudah cara penggunaannya yaitu cukup diaduk dengan adonan. Selain itu, penambahan resep baking powder dan resep improver (bread improver) sebagai pengembang juga berpengaruh terhadap keempukan kue donat.

5. Cairan
Ada yang suka menggunakan air. Sebagian ada juga yang lebih suka menggunakan resep cairan susu ke dalam adonan. Penggunaan resep susu membuat kue donat lebih lembut ketimbang air, selain itu rasanya jauh lebih enak.

6. Garam
Walaupun penggunaannya cuma seujung sendok teh, penambahan garam dalam adonan fungsinya cukup besar yaitu untuk mengontrol pengembangan adonan. Yang patut diingat, garam dapat menghambat kerja ragi sehingga jangan pernah didekatkan. Jadi penambahan garam, sebaiknya setelah adonan tercampur rata, akan jauh lebih baik.

7. Lemak
Margarin dan mentega adalah lemak yang seirng digunakan dalam membuat resep donat. Adanya lemak dalam resep adonan donat akan membuat kaya citarasanya disamping juga membuat donat jadi lembut.

8. Minyak Goreng
Pilih minyak goreng yang warnanya kuning jernih. Lebih bagus menggunakan minyak goreng padat, karena hasilnya lebih cryspy.

9. Taburan
Kalau dahulu donat cukup dtabur dengan gula halus, kini donat mulai mempercantik diri. Bahan-bahan resep yang bisa dijadikan taburan seperti resep misis, resep almond, resep cokelat, resep kacang cincang, hingga beragam resep perment trimit yang bentuknya lucu dan menarik.

Kenali Alat Yang Digunakan:

1. Alat Ukur
Mungkin Anda boleh kagum dengan keahlian orang tua zaman dulu yang mampu membuat kue donat tanpa takaran cukup dengan ilmu perkiraan. Ups hati-hati lho, tanpa mengambil resiko alat ukur ini sangat penting penggunaannya. Untuk menghasilkan donat yang standar dan enak, minimal alat ukur yang musti Anda punyai yaitu timbangan dan sendok ukur.

2. Pengaduk Adonan
Membuat resep adonan donat bisa dicampur langsung dan diuli dengan tangan yang syaratnya kekuatan pengulenan harus konsisten. Seiring perkembangan zaman, kini Anda bisa menggunakan mesin yang disebut mixer. Untuk adonan resep yang jumlahnya tidak terlalu banyak, bisa menggunakan mixer skala rumah tangga dengan mengganti baling-balingnya dengan bentuk spiral.

3. Kom Adonan / Wadah
Tidak ada persyaratan khusus yang musti disarankan dan yang terpenting harus dibersihkan.

4. Rolling Pin
Alat penggiling ini bermanfaat untuk menipiskan adonan yang hendak dibentuk dan juga menggeluarkan udara saat adonan resep mengembang.

5. Cetakan Donat
Kalau biasanya donat bentuknya hanya bulat dengan lubang di tengah, kini tampilan donat cukup variatif. Makin banyak ahli kuliner yang berivovasi dengan mencetak donat bentuk kotak, segitiga, oval hingga bergelombang. Wah, tampilan donat kini makin bervariasi dan menggoda!

6. Wajan
Agar hasilnya maksimal, pilih wajan yang dilapisi anti lengket sehingga tidak mudah gosong.

Teknik Pembuatan

1. Pencampuran
Mulailah dari pengayakan tepung terigu dengan tujuan agar hasilnya tidak berbutir-butir, lalu campur semua resep bahan kering, aduk rata. Tambahkan cairan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Setelah resep tercampur rata, lemak bisa dimasukkan sambil terus diaduk hingga kalis dan rata.

2. Pengulenan
Pada teknik ini bisa menggunakan tangan atau mixer. Bila menggunakan tangan, gerakannya cukup mudah. Lakukan seperti mencuci pakaian, tarik adonan ke depan sambil sedikit ditekan lalu lipat lagi ke arah Anda. Begitu seterusnya dan laukukan berulang-lulang hingga adonan kalis.
Yang menggunakan mixer, perhatikan adonan tidak boleh terlalu panas akibat gesekan baling-baling mixer. Jika ini terjadi, sebaiknya hentikan dan teruskan dengan menggunakan tangan hingga resep adonan benar-benar kalis.
Untuk mengetes adonan kalis, ambil sedikit adonan, lalu tarik melebar. Kalau adonan sobek, ulangi proses pengulenan hingga adonan tidak lagi mudah sobek.

3. Fermentasi
Setelah adonan kalis lalu diistirahatkan yang disebut difermentasikan untuk mengembangkan resep adonan. Selama proses fermentasi lebih kurang 15 hingga 30 menit, adonana sebaiknya ditutupi plastik atau serbet basah. Tujuannya untuk mencegah penguapan dan hasilnya tidak kering.

4. Mengempiskan Adonan
Nah, ditahap ini penggunaaan alat rollling pin sangat bermanfaat. Adonaa dikeluarkan dari wadah, lalu pipihkan sampai setebal yang diharapkan.

5. Mencetak
Setelah dipipihkan, cetak adonan donat sesuai selera. Alat yagn digunakan untuk mnencetak bisa terbuat dari bahan stailess steel. Buat bentuk donat yang cantik dan menarik. Ingat, bentuk yang cantik akan membuat donat kelihatan menggiurkan. Setelah dicetak, fermentasikan kembali selama lebih kurang 10 menit agar mengembang.

6. Menggoreng
Kue donat harus selalu digoreng dalam minyak banyak dan terendam dengan panas tertentu agar warnanya tetap kuning kecokelatan dan matangnya merata. Agar donat tidak terlalu banyak menyerap minyak, lebih baik gunakan minyak gorang padat. Minyak ini bersifat cepat membeku dalam suhu ruang.

7. Kue donat siap dihias agar semakin cantik
Pada artikel kali ini menyajikan resep donat yang lagi tren plus step by step . Tentunya donat yang aromanya harum, teksturnya empuk saat digigigt dan tampilan bentuknya yang menarik, pasti akan selalu dicari para penggemar donat, tentunya!. ***

-----------------------------------------------------------------------
source: Tabloid Lezat

=================================================================

Various Kind of Nuts

Nuts are dried fruit that have kernels or seeds encased in a hard woody shell or rind. There are many specific kinds of fruits included in the category of "nuts" and also many that really are not true nuts. People eat many kinds of nuts and some such as the coconut have long been recognized as an important food source. Many kinds of nuts contain valuable substances such as oil and minerals. There are nuts that grow wild and are gathered from the plants, but some such as the peanut, are cultivated in very large quantities. Peanuts are sold as nuts and are also processed into peanut butter.

Nuts as Food
The peanut is by far the most popular nut used for food. Other popular nuts are cashews, walnuts, almonds, pecans, pinons and pistachio nuts. The breadnut is also popular and is often ground into flour to use in making bread. Most of these nuts contain between 50 and 70 % fat and oil and from 15 to 30 % protein. They also contain starch, Vitamin C and the B vitamins, including thiamine, riboflavin, and niacin. Walnuts and pecans also include Vitamin A. Nuts are a healthy part of the diet and are included under the Meat and Protein section of the food pyramid.

Nuts as a Source of Oil
There are valuable oils in many kinds of nuts. Generally, these oils are divided into two groups - drying oils and non-drying oils. When drying oils are exposed to air they form a thin elastic film. The nuts in this category are English walnuts, candlenuts and oiticicas. They are used in the manufacture of paint, printer's ink, linoleum, oilcloth and patent leather. Non-drying oils are always in a liquid state at room temperature. The nuts in this category include peanuts, coconuts, cashews, pecans, filberts and pili nuts. They are used in the manufacture of lubricants and lighting as well as in making margarine, and soap.

Other Nuts
There are some nuts used in the tanning process. These nuts include bitternut, acorns and pecans. Other nuts, such as beechnut and acorn are used as livestock feed and the betel nut is often chewed as a stimulant. ***

-----------------------------------------
by James Hunt
About the author: James Hunt has spent 15 years as a professional writer and researcher covering stories that cover a whole spectrum of interest. Read more at www.nuts-central.info


===================================

No Bake Grasshopper Pie

Here is a delicious no-bake pie for you to try!
Crust: 1 bag (7 oz) chocolate and mint-filled sandwich cookies (Such as Pepperidge Farms Mint Milano) 1/2 cup slivered almonds 2 tablespoons unsalted butter, softened

Filling: 8 ounces mascarpone cheese (or cream cheese) 1 envelope unflavored gelatin 1/2 cup creme de menthe syrup (such as Torani, availabe at gourmet stores, or www.torani.com) 2 tablespoons confectioners sugar 1 1/4 cups plus 1/3 cup heavy cream Mint and chocolate curls, to garnish

1. Slice 1 inch off one end of each sandwich cookie. Pulse these pieces in a food processor with almonds until all are ground. Add softened butter and pulse until evenly combined. Press crumbs onto the bottom of a 9-inch pie plate, covering your hand with plastic wrap to avoid sticking. Prop remaining cookies, cut side down, around rim of plate. Refrigerate until ready to fill.

2. Filling: Let mascarpone cheese soften in a large bowl at room temperature. Beat slightly with a hand mixer until smooth. Meanwhile, sprinkle gelatin over 1/4 cup water in a 1-cup glass measuring cup. Let soften 2 minutes. then microwave for 15 seconds, until gelatin is dissolved. Let cool slightly.

3. Gradually beat creme de menthe syrup and sugar into mascarpone until blended; mixture will look curdled. While mixer is running, add 1 1/4 cups of the heavy cream. Beat until soft peaks are formed. Gradually beat in gelatin; beat until medium-stiff peaks are formed. Pour into prepared crust, swirling top decoratively. Refrigerate 4 hours, or until set.

4. Once pie is set, beat remaining 1/3 cup cream to soft peaks. Dollop on top of pie and sprinkle with chocolate curls and mint sprigs.

Per serving: 395 calories; 30 g. fat (16 g sat) 4 g protein, 28 g carbohydrate; 1 g. fiber, 72 mg sodium, 74 mg cholesterol.
Makes: 12 servings. Prep time: 20 minutes Refrigerate: 4 hours or until set
Meet The Love of Your Life Elenas Models http://www.elenasmodels.com/?goto=delinda ***

------------------------------------------
by Phyllis Wasserman
About the author: Author is website owner and gourmet cook and accomplished writer. Visit my websites: http://www.phyllisrecipes.com http://www.earlybirdspecials.info http://www.medicineestore.com http://www.happypettips.com


================================

Spaghetti Sauce Choices

Jarred spaghetti sauce is fast, convenient and tasty. Most are basic marinara and don't have additives like food color, preservatives and artificial flavors. Many are high in Vitamins A and C. As far as food choices go they are a very healthy packaged food. Check the labels when buying. A cup of raw, chopped tomatoes (equal to about 1/2 cup of cooked sauce) has only 16 milligrams of sodium and depending on ripeness and the variety of tomato, up to 5 grams of natural suagr. So a 1/2 cup serving of jarred sauce can range from 200 to 770 mg of sodium and as much as 10 grams of sugar. Tomatoes are naturally sweet, so tomato sauce doesn't need added sweeteners to be tasty. The sodium level should be about 350 mg or less per 1/2 cup serving. Spaghetti sauce has a bonus. The powerful antioxidant lycopene is inherent in the tomatoes. Lycopene is supposed to prevent certain cancers, like prostate and breast. It is also said to lower your risk of cardio-vascular disease. Heat and oil enhace lycopenes absorption by the body. So cooked tomato products offer you the best source of lycopene. The best jar sauce I have used is Rao's Marinara, next would be Bove's Marinara, and last I would recommend Colavita Marinara. ***

------------------------------------------------
by Phyllis Wasserman
About the author: Homemaker, retired secretary, from North Eastern U.S. Avid cook, and gardener, with recipe website http://www.phyllisrecipes.com Also, pet lover with animal care website http://www.happypettips.com

1 comment:

Anonymous said...

trimakasih atas tip dan trik membuat donat. artikel ini akan dicetak dan dikasihkan ke istri saya